Beranda Opini Dampak Covid 19 Bagi Siswa SD di Pedalaman

Dampak Covid 19 Bagi Siswa SD di Pedalaman

76
0
BERBAGI
Aktivis Yohana mengajar anak-anak rimba membaca. Foto: kompas.com

Oleh: Sani Leliana*

Bukan hal yang biasa lagi bagi anak-anak SD yang tinggal di daerah pedalaman. Karena tempat tinggal di pedesaan dan jalan akses ke kota lumayan jauh, mereka harus menerima keadaan dengan belajar menuntut ilmu di daerah mereka masing-masing, mereka sangat sulit mendapatkan kehidupan yang layak seperti anak-anak pada umumnya.

Di zaman sekarang ini yang teknologi serba canggih dan karena adanya Covid-19, media online menjadi alat utama dalam sistem pembalajaran di sekolah, tanpa tatap muka langsung, media online sekarang dijadikan sebagai media pembelajaran sistem online. Akan tetapi, ini menjadi halangan bagi anak-anak SD yang tinggal di pedalaman, jaringan ataupun signal yang susah diakses menjadi penghambatnya. Tak hanya itu saja, mereka bahkan tidak mengenal alat komunikasi seperti telepon genggam.

Kalaupun adayang menggunakan jaringan seluler terkadang jaringan yang tidak stabil karena letak geografis yang masih jauh dari jangkauan signal seluler.

Hal pokok yang menjadi sorotan utama yaitu mereka tidak mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak SD yang tinggal di perkotaan. Akibat dari dampak Covid-19 juga membebani para orang tua, karena tidak semua orang tua mereka mampu memberikan fasilitas teknologi kepada anak-anaknya terutama yang tinggal di pedalaman. Peserta didik terkadang tertinggal dengan informasi.

Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan di dalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Pendidikan telah menjadi penopang dalam meningkatkan generasi penerus bangsa yang cerdas. Oleh sebab itu, perlu adanya kebijakan pemerintah dalam mengatasi akibat pandemi ini,terutama untuk anak-anak yang mengenyam pendidikan di daerah pedalaman.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan sangat mempengaruhi kualitas seorang anak pedalaman.***

Sani Leliana, mahasiswa FKIP PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta