Beranda Pendidikan SMKN 1 Pesisir Barat Terima Bantuan Simulator Navigasi

SMKN 1 Pesisir Barat Terima Bantuan Simulator Navigasi

99
0
BERBAGI

TERASPENDIDIKAN.COM — Program Studi Nautika Kapal Niaga (NKN) SMKN 1 Krui atau SMKN 1 Pesisir Barat, Lampung, mendapat bantuan satu unit simulator navigasi dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Repubik Indonesia.

Bantuan peralatan senilai Rp25 miliar tersebut diberikan dalam bentuk barang jadi, lengkap dengan kabin dan ruang kemudi, dan telah diserahterimakan dari Dirjen PSMK kepada SMKN 1 Krui pada tanggal 24 Desember 2019.

Dengan adanya simulator navigasi ini, para siswa Program Studi NKN SMKN 1 Krui kini tidak harus jauh-jauh melakukan praktik pelayaran, dan tidak harus berada di dalam kapal niaga yang sebenarnya.

Praktik menakhodai kapal bisa dilakukan dalam unit simulator ini seperti suasana yang sebenarnya di kapal. Suasana pelabuhan laut di berbagai kota di Indonesia, bahkan dunia, bisa ditampilkan dalam simulator ini.

Berbagai ukuran tinggi gelombang bisa disetel sesuai keinginan, dan suasana cuaca seperti hujan dan angin kencang juga bisa ditampilkan di layar monitor.

“Pokoknya, dengan menggunakan simulator ini, kita bisa melakukan praktik mengemudikan kapal dengan suasana yang sebenarnya, seperti dalam kapal sungguhan,” kata Ujang Irawan,  Ketua Program Studi NKN SMKN 1 Krui.

Menurut, Rajalulhaq, Kepala SMKN 1 Krui, sekolahnya sudah lama menantikan bantuan simulator ini.

“Alhamdulillah sudah bisa terwujud sekarang. Kami bersyukur sekolah kami bisa mendapatkan simulator ini. Dari sekian banyak sekolah yang memiliki jurusan pelayaran, sekolah kami salah satunya. Dan di Lampung ini hanya ada dua SMK yang memiliki simulator navigasi seperti ini, SMKN 6 Bandar Lampung dan sekolah kami ini,” katanya, seperti dilansir laman resmi SMKN 1 Krui, Rabu, 25 Desember 2019.

LEAVE A REPLY